RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  Nama Sekolah  : SMP N 1 Jetis Ponorogo
  Mata Pelajaran : IPA ( Fisika )
  Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi  :
5 . Memahami system Tata Surya dan proses yang terjadi didalamnya
Kompetensi Dasar  ;
 5.1 Mendeskripsikan karakteristik system tata surya
Indikator   :
 1 . Mendeskripsikan orbit planet mengintari matahari
 2 . Mendeskripsikan perbandingan antara planet planet ditinjau dari massa , jari-jari dan jarak rata-rata dari matahari .
  
Alokasi Waktu  : 2 x 40 menit.
A . Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan Pembelajaran peserta didik dapat :
1. Mendeskripsikan peredaran benda langit mengelilingi matahari .
2. Menjelaskan gaya grafitasi matahari terhadap benda – benda langit 
3. Menyebutkan orbit benda benda langit mengelilingi matahari .
B. Materi Pembelajaran :
1. Tata Surya
2. Planet
3. Komet
4. Meteorid dan Asteroid
C. Metode Pembelajaran :
1. Model   : Cooperative Learning ( C L ) .
2.Metode   :  Presentasi dan Diskusi , Tanya jawab dan       penugasan.
D. Langkah  langkah Kegiatan
     Pendahuluan 10 menit
 1. Guru menuliskan tujuan  : Peredaran benda langit mengelilingi matahari
 2. Siswa menulis tujuan .
 3. Guru memberi motivasi dan apersepsi siswa :
 - Mengapa bintang pada malam hari kelihatan berkerdip .
 - Apakah perbedaan antara planet dengan bintang .
4. Siswa menjawab pertanyaan guru
5. Guru menulis  jawaban siswa dipapan tulis .
6. Guru mengajukan pertayaan prasyarat pengetahuan.
 - Apakah yang dimaksud Tata Surya .
 - Sebutkan planet planet yang mengelilingi matahari .
    Kegiatan Inti 60 menit
  Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
1 . Membentuk kelompok
2 . Membagi LKS penuntun belajar
3 . Meminta siswa bekerja sesuai LKS
4 . Meminta siswa menjawab petenyaan 
5 . Meminta siswa mempresentasikan 
     Jawaban LKS kedepan kelas.
6 . Memberi penghargaan kelompok 
     Yang menjawab benar .
7 . Mengklarifikasi jawaban masing –
     Masing kelompok
 1 . Berkelompok beranggota 4 orang
2 . Membaca LKS
3 . Bekerja sesuai petunjuk LKS
4 . Berdiskusi menjawab LKS
5 . Masing – masing kelompok presentasi kedepan kelas .
6 . Menyanbut dengan tepuk tangan
7 . Menulis klarifikasi jawaban
   Penutup 10 menit.
1. Guru memberi penghargaan kepada siswa yang jawabannya benar .
2. Siswa menyusun kesimpulan / rangkuman pembelajaran dengan dibimbing guru .
3.Guru memberi soal evaluasi akhir pembelajaran ( terlampir )
4. Siswa mengerjakan soal evaluasi .
5. Guru memberi tugas untuk dikerjakan dirumah ( terlampir )
E. Sumber Belajar
1. Buku Belajar Ilmu Alam dan Sekitarnya 3 untuk kelas IX SMP/MTs oleh Budi                               Purwanto dan Arianto Nugroho hal :257  s.d 264.
2. LKS penuntun belajar / diskusi judul Tata Surya
3 Buku Sekolah Elektronik ( BSE ) dan buku referensi
F. Penilaian Hasil Belajar  :
1.Teknik Penilaian  : - Test tulis dan Penugasan  :
2.Bentuk Instrumen   : - Soal isian , soal uraian dan tugas rumah .  :
3.Contoh Instrumen  : - Jawablah soal dibawah ini dengan singkat dan jelas.
 1 . Sebutkan  planet anggota Tata Surya yang terjauh dari matahari
 2 . Tulislah yang termasuk anggota planet dalam
 3 . Lintasan planet mengelilingi matahari berbentuk elips , sesuai hokum……..
 4 . Planet yang dikenal seperti bintang kejora adalah………..
 5 . Tulislah salah satu syarat benda langit dapat disebut planet
 6 . Planet yang mempunyai massa terbesar adalah………
 7 . Bidang edar planet bumi disebut……….
 8 . Yang tergolong anggota planet katai ( dwart planet ) adalah……….
 9 . Persamaan antara komet dengan Asteroid adalah…………
 10 .Meteoroid / meteor yang jatuh ke bumi dan sampai ke bumi ………….
     Guru Fisika ,
     S.MUDJIONO,S.Pd
     NIP:19590918 198112 1 004
     Mengetahui ,                                
     Kepala SMPN 1 Jetis ,Ponorogo
     Nunuk Sri Murni Karyati , M.Pd
     NIP:19600117 197903 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar