Minggu, 20 Februari 2011

RPP TATA SURYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP N 1 Jetis Ponorogo
Mata Pelajaran : IPA ( Fisika )
Kelas / Semester : IX / 2

Standar Kompetensi :
5 . Memahami system Tata Surya dan proses yang terjadi didalamnya

Kompetensi Dasar ;
5.1 Mendeskripsikan karakteristik system tata surya

Indikator :
1 . Mendeskripsikan orbit planet mengintari matahari
2 . Mendeskripsikan perbandingan antara planet planet ditinjau dari massa , jari-jari dan jarak rata-rata dari matahari .

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit.

A . Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan Pembelajaran peserta didik dapat :
1. Mendeskripsikan peredaran benda langit mengelilingi matahari .
2. Menjelaskan gaya grafitasi matahari terhadap benda – benda langit
3. Menyebutkan orbit benda benda langit mengelilingi matahari .

B. Materi Pembelajaran :
1. Tata Surya
2. Planet
3. Komet
4. Meteorid dan Asteroid
C. Metode Pembelajaran :
1. Model : Cooperative Learning ( C L ) .
2.Metode : Presentasi dan Diskusi , Tanya jawab dan penugasan.

D. Langkah langkah Kegiatan
Pendahuluan 10 menit
1. Guru menuliskan tujuan : Peredaran benda langit mengelilingi matahari
2. Siswa menulis tujuan .
3. Guru memberi motivasi dan apersepsi siswa :
- Mengapa bintang pada malam hari kelihatan berkerdip .
- Apakah perbedaan antara planet dengan bintang .
4. Siswa menjawab pertanyaan guru
5. Guru menulis jawaban siswa dipapan tulis .
6. Guru mengajukan pertayaan prasyarat pengetahuan.
- Apakah yang dimaksud Tata Surya .
- Sebutkan planet planet yang mengelilingi matahari .

Kegiatan Inti 60 menit
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
1 . Membentuk kelompok
2 . Membagi LKS penuntun belajar
3 . Meminta siswa bekerja sesuai LKS
4 . Meminta siswa menjawab petenyaan
5 . Meminta siswa mempresentasikan
Jawaban LKS kedepan kelas.
6 . Memberi penghargaan kelompok
Yang menjawab benar .
7 . Mengklarifikasi jawaban masing –
Masing kelompok
1 . Berkelompok beranggota 4 orang
2 . Membaca LKS
3 . Bekerja sesuai petunjuk LKS
4 . Berdiskusi menjawab LKS
5 . Masing – masing kelompok presentasi kedepan kelas .
6 . Menyanbut dengan tepuk tangan

7 . Menulis klarifikasi jawaban
Penutup 10 menit.
1. Guru memberi penghargaan kepada siswa yang jawabannya benar .
2. Siswa menyusun kesimpulan / rangkuman pembelajaran dengan dibimbing guru .
3.Guru memberi soal evaluasi akhir pembelajaran ( terlampir )
4. Siswa mengerjakan soal evaluasi .
5. Guru memberi tugas untuk dikerjakan dirumah ( terlampir )

E. Sumber Belajar
1. Buku Belajar Ilmu Alam dan Sekitarnya 3 untuk kelas IX SMP/MTs oleh Budi Purwanto dan Arianto Nugroho hal :257 s.d 264.
2. LKS penuntun belajar / diskusi judul Tata Surya
3 Buku Sekolah Elektronik ( BSE ) dan buku referensi
F. Penilaian Hasil Belajar :
1.Teknik Penilaian : - Test tulis dan Penugasan :
2.Bentuk Instrumen : - Soal isian , soal uraian dan tugas rumah . :
3.Contoh Instrumen : - Jawablah soal dibawah ini dengan singkat dan jelas.
1 . Sebutkan planet anggota Tata Surya yang terjauh dari matahari
2 . Tulislah yang termasuk anggota planet dalam
3 . Lintasan planet mengelilingi matahari berbentuk elips , sesuai hokum……..
4 . Planet yang dikenal seperti bintang kejora adalah………..
5 . Tulislah salah satu syarat benda langit dapat disebut planet
6 . Planet yang mempunyai massa terbesar adalah………
7 . Bidang edar planet bumi disebut……….
8 . Yang tergolong anggota planet katai ( dwart planet ) adalah……….
9 . Persamaan antara komet dengan Asteroid adalah…………
10 .Meteoroid / meteor yang jatuh ke bumi dan sampai ke bumi ………….


Guru Fisika ,


S.MUDJIONO,S.Pd
NIP:19590918 198112 1 004

Mengetahui ,
Kepala SMPN 1 Jetis ,Ponorogo



Nunuk Sri Murni Karyati , M.Pd
NIP:19600117 197903 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar