Minggu, 20 Februari 2011

RPP.LISTRIK STATIS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah : SMP N 1 Jetis Ponorogo
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : IX / 1

Standar Kompetensi :
3.Memahami konsep kelistrikan dan pemanfaatanya dalam kehidupan sehari hari..

Kompetensi Dasar :
3.1 Mendiskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari hari .

Indikator :
1. Mejelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dilakukan dengan cara tertentu.
2. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik
3. Melakukan percobaan sederhana yang untuk menunjukkan sifat muatan listrik
4. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik seta jarak antara benda yang bermuatan listrk.

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :
Dengan pembelajaran dan membaca buku fisika peserta didik dapat :
1. Menjelaskan cara memberi muatan listrik ke benda
2. Menyebutkan peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dan proses terjadinya secara sederhana.
3. Melakukan percobaan sederhana untuk untuk menunjukkan sifat muatan listrik.
4. Menjelaskan hubungan antara besar gaya lisrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik .


B. Materi Pembelajaran : Listrik Statis

C. Metode Pembelajaran :
1. Model : - Problem Base Instruksional ( PBI )
- Cooperative Learning ( CL )
2. Metode : - Eksperimen
- Diskusi kelompok.


D. Langkah langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama untuk tujuan 1 dan 2
a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1.Memotivasi Siswa : Apakah yang dimaksud dengan muatan listrik ? Mengapa suatau benda dapat bermuatan listrik ?
2.Menuliskan judul di papan tulis : BENDA BERMUATAN LISTRIK.
3.Menyampaikan Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran.

b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
1.Siswa duduk sesuai kelompoknya masing masing yang beranggotakan 4 orang
2.Membagikan LKS.membuat benda bermuatan listrik.Tiap kelompok diberi alat dan bahan untuk melakukan kegiatan sesuai LKS tersebut.
3.Tiap kelompok melakukan eksperimen sesuai petunjuk LKS.
4.Membimbing masing masing kelompok dalam eksperimen
5.Tiap tiap kelompok yang sudah selesai melakukan eksperimen diminta mempresentasikan kedepan kelas.
6.Kelompok yang lain diminta memberi tanggapan terhadap presentasi tersebut.
7.Guru memberi refleksi terhadap presentasi masing masing kelompok.
8.Guru memberi penghargaan terhadap kelompok yang presentasinya terbaik.

c. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1.Membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran
2.Harapan guru siswa merangkum sebagai berikut : Penggaris plastic digosok dengan kain wol , menerima electron dari kain wol / kelebihan electron maka bermuatan listrik negative.Benda yang bermuatan listrik dapat menarik potongan kertas kecil.
3.Harapan guru siswa merangkum sebagai berikut : Kaca digosok dengan kain satera , kehilangan elekron / kekurangan electron maka bermuatan listrik positif.Benda yang bermuatan listrik dapat menarik potongan kertas kecil.
4.Guru memberi tes untuk mengetahui daya seraf pembelajaran :a )Tunjukkan bukti bahwa muatan listrik dapat dibangkitkan dengan gosokan antara dua benda secara berulang ulang. b ) Bagaimana benda dapat bermuatan listrik positif dan negative ?
5.Guru memberi tugas rumah pertanyaan sebagai berikut : a ) Apa yang terjadi jika penggaris plastik digosok dengan kain sutera dan kaca digosok dengan kain wol ?
b.) Apakah listrik hanya dapat ditimbulkan dengan cara gesekan ?

2. Pertemuan kedua untuk tujuan 3 dan 4
a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1.Memotivasi siswa :
- Apakah yang dimaksud Gaya Gravitasi bumi ? Dapat juga dikatakan gaya tarik antara massa benda dengan massa bumi
- Dapatkah dua benda yang bermuatan listrik saling tarik menarik ?
- Gaya apakah yang menyebabkan dua benda yang bermuatan listrik saling tarik menarik ?


2. Menuliskan judul Sifat Muatan Listrik dan Gaya listrik di papan tulis
3. Menyampaikan Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran

b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
1. Siswa dipersilahkan duduk berkelompok sesuai kelompoknya yang beranggtakan 4 orang
2.Guru meminta siswa membagi LKS judul INTERAKSI ANTAR MUATAN LISTRIK.
3. Tiap kelompok menerima alat dan bahan sesuai dengan LKS untuk melakukan Eksperimen
4.Membimbing masing masing kelompok dalam eksperimen
5.Tiap tiap kelompok yang sudah selesai melakukan eksperimen diminta mempresentasikan kedepan kelas.
6.Harapan guru siswa mempresentasikan sebagai berikut : - tolak menolak ( 2 ) , tarik menarik ( 3 ) , tolak menolak ( 4 )
7.Guru memberi refleksi terhadap presentasi masing masing kelompok.
8.Guru memberi penghargaan terhadap kelompok yang presentasinya terbaik.

c. Penutup ( 10 menit )
1.Siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran.
2.Harapan guru siswa merangkum sebagai berikut : Dua muatan listrik jika didekatkan akan terjadi interaksi Tolak menolak untuk muatan sejenis dan Tarik menarik untuk muatan tak sejenis .
Besar gaya listrik ,tolak menolak dan tarik menarik antara dua benda bermuatan listrik sebanding dengan muatan masing masing dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara dua muatan..
Sesuai persamaan berikut :




E.Sumber Belajar
1.Buku Belajar Ilmu Alam dan Sekitarnya 3 untuk kelas IX SMP / MTs karangan
Budi Purwanto dan Arinto Nugroho halaman 131 – 143.
2.LKS Membuat benda bermuatan listrik dan Sifat muatan listrik.( terlampir )
3.Buku Referensi
4.Alat dan Bahan Eksperimen sesuai LKS.

F.Penilaian Hasil Belajar :
a. Teknik Penilaian : - Tes Tulis Ulangan Harian terlampir dan Tes Unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:- Isian / menjawab singkat , menjodohkan dan pilihan ganda
- Rubrik Penilaian
c. Contoh Instrumen :
1.Tes Isian / jawaban singkat : Benda bermuatan listrik negative jika…………, benda bermuatan listrik positif jika…………..dan benda netral jika………
2.Tes Pilihan ganda : Besar muatan Listrik pada sebuah benda t tergantung pada :
a. selisih proton dan electron
b.jumlah electron
c.jumlah proton
d.jumlah neutron
3.Uji petik kerja prosedur dan prosedur : Tersedia balon karet , kain wol , kain sutera . Tiuplah balon dan lakukan kegiatan sehingga balon bermuatan listrik dan dapat menempel pada dinding.


Guru Fisika ,


S.MUDJIONO,S.Pd
NIP:19590918 198112 1 004

Mengetahui,
Kepala SMPN 1 jetis Ponorogo


NUNUK SRI MURNI KARYATI,M.Pd
NIP:19600117 197903 2 001

1 komentar: